Tips Mengatasi Masalah di Jual Sound System

2020年05月06日 13:21
カテゴリ: Sound System

Sound system kerap digunakan untuk berbagai acara, baik itu event indoor maupun outdoor. Sound system sendiri adalah suatu susunan komponen elektronik yang dirancang khusus agar mampu meningkatkan kekuatan suara sehingga suara dapat terdengar jelas oleh telinga manusia. Sound system juga memiliki peranan penting dalam sebuah pertunjukan atau acara, karena sound system merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari panggung atau acara itu sendiri.

Namun dalam prakteknya menurut https://www.goshen.co.id/ , kerap terjadi beberapa masalah dalam pengoperasian sound system, mulai dari suara yang tidak terdengar hingga suara yang terdengar kasar atau kerap disebut distorsi. Lantas bagaimana mengatasi masalah yang kerap muncul pada sound system tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Suara yang Tidak Keluar
Masalah yang satu ini kerap terjadi dalam dunia sound system, dimana sound system telah terpasang dan diatur sedemikian rupa namun output suara tidak dapat keluar. Tentu hal ini cukup membuat bingung para operator sound system, bahkan operator berpengalaman pun tak jarang juga merasa bingung jika masalah ini terjadi.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kembali seluruh peralatan sound system tersebut. Pastikan bahwa AC kordnya benar-benar sudah terhubung dengan baik ke panel listrik dan telah menyala. Langkah selanjutnya periksa setiap kabel yang menghubungkan input dan output perangkat sound system tersebut. Karena tak jarang terdapat beberapa kabel yang bagian soldernya terlepas dari pin. Anda bisa menggunakan kabel tester guna menguji setiap kabel yang akan Anda gunakan, dan segera ganti dengan kabel lain jika memang terbukti bermasalah.

Setelah itu, perhatikan pada bagian konsol mixer audio. Perhatikan setiap channel yang digunakan untuk masing-masing perangkat, dan pastikan sinyal yang masuk ke unit mixer tersebut sudah bagus. Cara memastikannya adalah dengan melihat pada indikator level meter LED yang terdapat pada bagian channel strip.

Selain itu, suara yang tidak keluar juga dapat terjadi akibat dari wireless mic yang digunakan. Periksa kembali apakah channel frekuensi radio antara pemancar dan penerima telah terhubung dengan baik.

Suara Kasar atau Distorsi
Masalah sound system yang perlu Anda ketahui sebelum mencari tempat jual sound system selanjutnya adalah distorsi. Distorsi yang dimaksud disini merupakan suara yang overload atau kelebihan beban. Cara mudah untuk mengetahui apakah terjadi overload pada sinyal atau tidak adalah dengan memperhatikan status lampu LED pada perangkat power amplifier, speaker aktif atau mixer.
Perhatikan nyala lampu LED tersebut, apabila lampu menyala merah itu berarti sinyal Anda mengalami overload. Jika sudah begitu, Anda membutuhkan power amplifier yang lebih besar. Atau jika tidak, berikan gain berlebih pada masing-masing channel maupun master dari mixer audio Anda. Selain itu penggunaan kabel maupun proses penyolderan kabel yang kurang benar juga dapat menyebabkan output suara menjadi kasar.

Itulah tips mengatasi masalah yang kerap muncul pada sound system. Dan perlu Anda ketahui sebelum mencari tempat jual sound system. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga Web Menarik :
https://ngilmu.jimdofree.com/
https://ngilmu.cocolog-nifty.com/

記事一覧を見る

powered by crayon(クレヨン)